JIKA ANDA MENGALAMI KESULITAN DALAM ANALISIS DATA PENELITIAN (ANALISIS VALIDITAS, RELIABILITAS, DAYA PEMBEDA, TARAF KESUKARAN, UJI T, KORELASI , REGRESI DST, SILAHKAN BACA CONTOH RUMUS DAN PERHITUNGANYA DISINI
- UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KERTASINDUYASA 03 KECAMATAN JATIBARANG KABUPATEN BREBES DALAM POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DENGAN TEKNIK MENYIMPAN MELALUI ALAT PERAGA KANTONG NILAI PLASTIK TRANSPARAN. download full here
- BIMBINGAN BELAJAR MENGURUTKAN BILANGAN KELAS II DI SD NEGERI PERUMNAS KRAPYAK 02 SEMARANG.Download Full Disini
- BIMBINGAN BELAJAR MATEMATIKA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS.Download Full Disini
- BIMBINGAN BAGI SISWA-SISWI YANG MENGALAMI KESULITAN PADA OPERASI HITUNG BILANGAN PERKALIAN KELAS III SEKOLAH DASAR. download Full skripsi here
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DALAM MENCERITAKAN KEGEMARAN SISWA MELALUI PERCAKAPAN. download Full skripsi here
- MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU ANGKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SILIWANGI 02 SEMARANG BARATdownload Full skripsi here
- PENGGUNAAN METODE EKSPOSITION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN CAMPURAN PENJUMLAHAN DAN PEMBAGIAN DI SD NEGERI PURWOYOSO 02 KOTA SEMARANG.download Full
- MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS DIGRAF MELALUI PROSES MENULIS PADA SISWA KELAS SATU SD.download Full
- UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN KERTASINDUYASA 03 KE CAMATAN JATIBARAN KABUPATEN BREBES DALAM POKOK BAHASAN
PENJUMLAHAN DENGAN TEKNIK MENYIMPAN MELALUI ALAT PERAGA KANTONG NILAI PLASTIK TRANSPARAN . download full here - MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI GUMALAR 01 ADIWERNA DALAM MENENTUKAN KPK DAN FPB MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DALAM KELOMPOK– KELOMPOK BELAJAR download full here
- KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP. download full
- PENERAPAN METODE QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA (SAINS) BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI KEBONSARI KABUPATEN TEMANGGUNG download full
- KEEFEKTIFAN MODEL PEM BELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI ( TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SEMESTER II SMU NEGERI 14 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2005/2006 download full here
- APLIKASI MS. ACCESS, MS. EXCEL DAN MICROSOFT VISUAL BASIC 6.0 PADA SISTEM KOMPUTERISASI KESISWAAN SMA NEGERI 7 PURWOREJO download full
- MENINGKATKAN HASIL BELA JAR SISWA KELAS X -6 SMA N 1 GRABAG KABUPATEN MAGELANG POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI BERBANTUAN LKS download full
- KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI POKOK
BANGUN RUANG SISI DAT AR SISWA KELAS VIII SMP N 3 DEMPET TAHUN PELAJARAN 2006/200 download full - KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD MELALUI PEMANFAATAN ALAT PERAGA PADA SUB MATERI POKOK KELILING DAN LUAS DAERAH LINGKARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 4 KUDUS TAHUN PELAJARAN 2006/2007 download full
- MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA SMP N 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI POKOK PERSAMAAN DAN
PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD download full - PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII I SMP N 1 ADIWERNA KABUPATEN TEGAL DALAM POKOK BAHASAN PYTHAGORAS download full
- KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB MATERI POKOK KELILING DAN LUAS LINGKA RAN PADA SISWA KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR GIRIWOYO WONOGIRI download full
- MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII.E SEMESTER 1 SMP 1 JATI KUDUS DALAM POKOK BAHASAN TEOREMA PYTHAGORAS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD TAHUN PELAJARAN 2006/2007 download full
- MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IX A SMP 2 GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI P OKOK TABUNG, KERUCUT DAN BOLA MELALUI IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL download full
- UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII A SMP N I BALAPULANG DALAM POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) download full - KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHI EVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 2 ADIMULYO KEBUMEN PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJAN G DAN PERSEGI download full
IKLAN
DAPAT UANG LEWAT DOWNLOAD DI INTERNET ?
ANDA YANG HOBI DOWNLOAD LAGU, GAME, APLIKASI, E BOOK GRATIS DISINI,,
Silahkan klikjudul koleksi file dibawah ini untuk mendapatkan gambaran, apa saja yang bisa Anda download langsung dari Pustaka Link UangDownload ! (Daftar akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu …)
Koleksi Film, Bioskop dan Video Clip, baik Lokal maupun Barat
Koleksi Games (PC, PS2, PS3, Nintendo, DS, X-Box dll.)
Koleksi MP3 Musik, Wayang, MLM, Ceramah Agama, Motivasi dll
Koleksi eBook, Tutorial, Buku-Buku Pelajaran dan eBook-eBook dari Situs Berbayar !
Koleksi Operating System (Linux, Mac, Windows, DOS)
Koleksi Aplikasi dan Games untuk PDA / Mobile / HandPhone / iPod
Koleksi Script, termasuk PHP, JavaScript, Java, CGI, CMS, Ajax dll.
Koleksi Software & Drivers, termasuk Anti Virus/Spyware
Koleksi Tutorial, baik berupa Video mupun Audio
Koleksi File Bonus Khusus Untuk VIP Members
SEKALIGUS JIKA ANDA MENJADI MEMBER ANDA BERKESEMPATAN MEMPEROLEH PENGHASILAN TAMBAHAN TANPA HARUS SUSAH PAYAH,,,ANDA TAK PERLU BUAT WEBSITE, ATAUPUN PROMO, ,,,
BACA LENGKAPNYA DI LINK DI SINI
Demi Tetap Eksisnya blog ini dalam memeberikan sejumlah informasi yang semoga banyak manfaatnya karena keterbatasan dana untuk biaya akses internet maupun tenaga, dengan sangat terpaksa saya mohon keikhlasan Saudara memberikan donasi ke rekening bank mandiri semarang no. 900-00-0935944-0 (an. M.Akhsin Rosyadi) se ikhlasnya, untuk keterangan lanjut hub. 087831456291, terima kasih,
Model-model Pembelajaran :
1. Pembelajaran Kontekstual
Belajar secara kontekstual adalah belajar yang akan terjadi bila dihubungkan dengan pengalaman nyata sehari-hari, Blanchand (2001) menjelaskan sebuah hasil penelitian kognitif yang menunjukkan bahwa sekolah–sekolah (yang pengajarannya di kelola secara tradisional) tidak membantu peserta didik dalam menerapkan pemahamannya terhadap bagaimana sesorang itu harus belajar dan bagaimana menerapkan sesuatu yang dipelajari pada situasi baru.
Pembelajaran kontekstual dapat dilakukan dengan menerapkan tujuh komponen CTL , yaitu.
1. Konstruktivisme (Constructivism)
Merupakan landasan berfikir atau filosofi pendekatan CTL yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas dan tidak sekonyong-konyong. Untuk itu tugas guru adalah me mfasilitasi proses tersebut dengan:
a. menjadikan pengetahuan bermakna dan relevan bagi siswa,
b. memberi kesempatan siswa menemukan dan merepkan idenya sendiri dan
c. menyadarkan siswa agar menerapkan strategi mereka sendiri dalam belajar
2. Menemukan ( Inquiry)
Menemukan merupakan bagian inti dari kegiatan berbasis CTL . Pengetahuan dan pengetahuan yang diperoleh siswa diharapkan bukan hasil mengingat seperangkat fakta-fakta, tetapi hasil dari menemukan sendiri. Siklus inquiry: a. observasi (observation ) b. bertanya (questioning ) c. mengajukan dugaan (hiphotesis) d. pengumpulan data ( data gathering )
e. penyimpulan ( conclusion)
3. Bertanya (Questioning)
Bertanya dalam pembelajaran dipandang sebagai kegiatan guru untuk mendorong, membimbing, dan menilai kemampuan berfikir siswa. Bagi siswa, kegiatan bertanya merupakan bagian penting dalam melaksanakan pembelajaran yang berbasis inquiri, yaitu menggali informasi, mengkonfirmasikan apa yang diketahui, dan mengarahkan perhatian pada aspek yang belum diketahuinya,
4. Masyarakat Belajar (Learning Community)
Dalam kelas CTL , guru disarankan selalu melaksanakan pembelajaran dalam kelompok-kelompok belajar. Siswa dibagi kelompok-kelompok yang anggotanya heterogen. Yang pandai mengajari yang lemah, yang tau memberi tahu yang belum tahu, yang mempunyai gagasan segera memberi usul, dan seterusnya. Kelompok siswa bisa sangat bervariasi bentuknya, baik keanggotaan, jumlah.
5. Pemodelan (Modeling )
Dalam pendekatan CTL guru bukan satu-satunya model. Model dapat dirancang dengan melibatkan siswa. Seorang siswa bisa ditunjuk untuk memberi contoh temannya cara melafalkan suatu kata. Siswa “contoh” tersebut dikatakan sebagai model. Siswa lain bisa menggunakan model tersebut sebagai “standar“ kompetensi yang harus dicapainya.
6. Refleksi (Reflection)
Refleksi juga bagian penting dalam pembelajaran dengan pendekatan CTL. Refleksi adalah cara berfikir tentang apa yang baru dipelajari atau berfikir kebelakang apa yang su dah kita lakukan dimasa lalu. Refleksi merupakan respon terhadap kejadian, aktifitas, atau pengetahuan yang baru diterima. Kunci dari itu semua adalah bagaimana pengetahuan itu mengendap dibenak si swa. Siswa mencatat apa yang sudah dipelajari dan bagaimana merasakan ide-ide baru. Pada akhir pelajaran, guru menyisakan waktu seje nak agar siswa melakukan refleksi.
7. Penilaian yang sebenarnya (Authentic Assesment)
Assessment adalah proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan belajar siswa. Gambaran perkembangan siswa perlu diketahui ol eh guru agar bisa memastikan bahawa siswa mengalami proses pembelajaran dengan benar. Data yang dikumpulkan melalui kegiatan penilaian (assessment) bukanlah untuk mencari informasi tentang belajar siswa. Hal-hal yang bisa digunakan dalam menilai prestasi siswa adal ah laporan, PR, kuis, karya tulis, presentasi, jurnal dan lain-lain.
2. Model pembelajaran kooperatif tipe TAI
Model pembelajar an kooperatif tipe TAI merupakan model pembelajaran yang membentuk kelompok kecil yang heterogen dengan latar belakang cara berfikir yang berbeda untuk sa ling membantu terhadap siswa lain yang membutuhkan bant uan (Suyitno,2002:9). Dalam model ini, diterapkan bimbingan antar teman yaitu siswa yang pandai bertanggung jawab terhadap siswa yang lemah. Disamping itu dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam kelompok kec il. Siswa yang pandai dapat mengembangkan kemampuan da n ketrampilannya, sedangkan siswa yang lemah dapat terbantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
Model pembelajaran kooperatif tipe TAI memiliki 8 (delapan) komponen, yaitu
a. Teams, yaitu pembentukan kelompok heterogen yang terdiri atas 4 sampai 6 siswa.
b. Placement test, yakni pemberian pre-tes kepada siswa atau melihat rata-rata nilai harian siswa agar guru mengetahui kelemahan siswa dalam bidang tertentu.
c. Student Creative , melaksanakan tugas dalam suatu kelompok dengan menciptakan situasi dimana keberhasilan individu ditentukan atau dipengaruhi oleh keberhasilan kelompoknya.
d. Team Study, yaitu tahapan tindakan belaja r yang harus dilaksanakan oleh kelompok dan guru memberikan bantuan secara individual kepada siswa yang membutuhkannya.
e. Team Scores and Team Recognition, yaitu pemberian skor terhadap hasil kerja kelompok dan memberikan criteria penghargaan terhadap kelompok yang berhasil secara cemerang dan kelompok yang dipandang kurang berhasil dalam menyelesaikan tgas.
f. Teaching Group , yakni pemberian materi secara singkat dari guru menjelang pemberian tugas kelompok.
g. Facts Test, yaitu pelaksanaan tes-tes kecil berdasarkan fakta yang diperoleh siswa.
h. Whole Class Units, yaitu pemberian materi oleh guru kembali di akhir waktu pembelajaran dengan strategi pemecahan masalah
3. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD
STAD (Student Teams Achievement Division) merupakan model pembelajaran kooperatif untuk pengelompokan campur yang melibatkan pengakuan tim dan tanggung jawab kelompok untuk pembelajaran individu anggota. Pada pembelajaran kooperatif tipe STAD, siswa dikelompokkan dengan beranggotak an 4-5 orang siswa yang terdiri dari siswa yang berkemampuan tinggi , sedang dan rendah. Di akhir pembelajaran diberikan tes kecil yang dikerjakan secara individu.
Menurut Slavin (1995:71) STAD terdiri dari lima komponen utama, yaitu presentasi kelas, kerja tim, kuis, skor perbaikan
individu, dan penghargaan tim.
a. Presentasi Kelas
Bahan ajar dalam STAD mula-mula diperkenalkan melalui presentasi kelas oleh guru. Presentasi kelas harus jelas-jelas memfokuskan pada unit STAD tersebut. Dengan cara ini, siswa
menyadari bahwa mereka harus sungguh-sungguh memperhatikan untuk membantu mengerjakan kuis de ngan baik dan skor kuis mereka menentukan skor timnya.
b. Kerja tim
Tim terdiri dari 4-5 orang siswa yang mewakili heterogenitas kelas dala m kinerja akademik. Fungsi utama tim adalah menyiapkan anggotanya agar berhasil menghadapi kuis. Setelah guru mempresentasikan bahan ajar, tim tersebut berkumpul untuk mempelajari lembar kegiatan siswa (LKS).
c. Kuis
Setelah satu sampai dua periode presentasi guru dan latihan tim, siswa akan dikenai kuis individual. Siswa tidak dibenarkan saling membantu selama kuis berlangsung.
d. Skor perkembangan individu
Setiap siswa dapat menyumbangkan poin maksimum kepada timnya dalam sistem penyekoran. Setiap siswa diberikan sebuah skor dasar, yang dihitung dari kinerja rata-rata pada kuis serupa sebelumnya. Kemudian siswa memperoleh poin untuk timnya didasarkan pada berapa banyak skor kuis yang melampaui skor dasar mereka. Berikut ini langkah-langkah menentukan skor perkembangan yakni:
1) Setiap siswa diberi skor berdasarkan skor kuis sebelumnya.
2) Siswa memperoleh poin untuk kui s yang terkait dengan materi pelajaran yang disampaikan pada saat itu.
3) Siswa mendapatkan poin perkembangan yang besarnya ditentukan dengan pencapaian nilai yang sama atau melampaui skor dasar
mereka.
e. Penghargaan tim
Setiap kuis terlaksana, sesegera mungkin guru mengumumkan skor perbaikan individual dan skor tim, dan menghadiahkan penghargaan kepada tim yang memperoleh skor
tertinggi.
4. Pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan)
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang lebih baik (Darsono, 2000:24). Aktif dimaksudkan bahw a dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan gagasan. Belajar memang merupakan suatu proses aktif siswa dalam membangun pe ngetahuannya, bukan proses pasif yang hanya menerima ceramah guru tentang pengetahuan, sehingga jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk berperan aktif maka pembelajaran tersebut berten tangan dengan hakikat belajar.
Peran aktif siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif, yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain. Seseorang bisa dikatakan kreatif apabila ia secara konsisten dan terus menerus menghasilkan sesuatu yang kreatif, yaitu hasil yang asli/orisinal dan sesuai dengan keperluan (Izhab Hassoubah, 2004:50). Kreatif itas siswa bisa dilihat pada kemampuannya dalam mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan. Selain itu kreatifitas siswa juga bisa dilihat dari kecekatannya dalam mengikuti proses belajar mengajar di dala m kelas. Kreatif juga dimaksudkan guru D. Pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan)
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang lebih baik (Darsono, 2000:24). Aktif dimaksudkan bahw a dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan dan mengemukakan gagasan. Belajar memang merupakan suatu proses aktif siswa dalam membangun pe ngetahuannya, bukan proses pasif yang hanya menerima ceramah guru tentang pengetahuan, sehingga jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan pada siswa untuk berperan aktif maka pembelajaran tersebut berten tangan dengan hakikat belajar.
Peran aktif siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif, yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain. Seseorang bisa dikatakan kreatif apabila ia secara konsisten dan terus menerus menghasilkan sesuatu yang kreatif, yaitu hasil yang asli/orisinal dan sesuai dengan keperluan (Izhab Hassoubah, 2004:50). Kreatif itas siswa bisa dilihat pada kemampuannya dalam mengajukan pertanyaan maupun menjawab pertanyaan. Selain itu kreatifitas siswa juga bisa dilihat dari kecekatannya dalam mengikuti proses belajar mengajar di dala m kelas. Kreatif juga dimaksudkan guru mampu memilih materi yang akan diberikan kepada siswa agar materi yang
diberikan bisa sesuai dengan kemampuan siswa, memilih metode pembelajaran yang dapat mempermudah pemahaman siswa tentang materi yang diberikan dan memilih media yang tepat untuk memperlancar proses pembelajaran serta mampu menentukan evaluasi yang tepat unt uk mengukur tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan.
Menyenangkan adalah suasana belajar mengajar yang membuat siswa senang sehingga siswa memusatkan perh atiannya secara penuh pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya (time on task) tinggi. Tingginya waktu curah akan meningkatkan hasil belajar. Keadaan aktif dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses pembelajaran tidaklah efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, sebab pembelajaran memiliki sejumlah tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Jika pembelajaran hanya aktif dan menyenangkan tetapi tidak efektif maka pembelajaran tersebut tidak ubahnya seperti bermain biasa (Muslim, 2001).
Muslim (2001) mengemukakan pengertian PAKEM dari dua dimensi yaitu dimensi guru dan dimensi siswa.
1. Dari dimensi guru:
a. dalam proses belajar mengajar guru aktif dalam memantau kegiatan belajar siswa, memberi umpan balik, mengajukan pertanyaan yang menantang, mempertanyakan gagasan siswa,
b. guru harus kreatif dalam mengemb angkan kegiatan yang beragam, membuat alat bantu atau media pembelajaran,
c. pembelajaran efektif jika guru dapat mencapai tujuan pembelajaran,
d. agar pembelajaran menyenangkan guru harus bisa mengemas materi agar lebih mudah dipahami siswa, men ggunakan metode pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
2. Dari dimensi siswa:
a. siswa harus aktif dalam bertanya, mengemukakan gagasan, mempertanyakan gagasan orang lain dan gagasannya,
b. siswa kreatif dalam menulis /mer angkum, merancang atau membuat sesuatu dan menemuakan seseatu yang baru bagi diri siswa,
c. keefektifan siswa bisa dilihat dari penguasaan ketrampilan yang dibutuhkan oleh siswa,
d. pembelajaran yang menyenangkan dapat membuat siswa berani mencoba atau berbuat, berani bertanya, berani mengemukakan gagasan, berani
mempertanyakan gagasan orang lain.
saya suka tks
Ijin sedot gan, buat referensi Skripsi… mudah2an ditempatku tidak jadi pakai PTK
mohonlah…………?kirim skripsi pgsd sama saya pak saya lg butuh………….?
tolong banget………….pak skripsinya.dikirimi saya lagi butuh…..
skiripsi pgsd,kirimla sama saya.
syukron informasinya.. bagus.
hihi… makasih 🙂
sippp
t’x
punya kumpulan skripsi pgsd s1 ga? saya butuh banget
thanks banget yach?tugas istri jd kelar dah
sama2
izin copy skripsix n kl ada mohon kirim kan skripsi pgsd untuk UT saya lg butuh
kk tlg bantuin skripsi untuk pgsd ipa donk kk,,pleaseeeeeeeeeee
pak mohon di kirim satu judul skripsi yang mnyangkut tentang kinerja guru kelas dalm meningkatkan motivasi belajar membaca bagi siswa kelas rendah
bgus bgt,,,,
thank’s y krna ni sngt mmbtu sy dlm mnyusun skripsi…
lo bleh tmbhin lgi donk…
ijin download ya bos buat referensi, inspirasi dan pembanding
ijin download y,,, sbgai referensi,
n klo bsa tlong krimin sy skripsi PGSD matematika yg lainnya lgi donk,,, alx lagi btuh bgt nich,,,,
trimakasi kami boleh dapat contoh skripsinya
makasih Pak, sudah mau berbagi.
ada contoh skripsi tentang peningkatan kualitas pembelajaran PKn tidak?
kalau ada tolong di share ya..
terimakasih. 🙂
izin sedot juga mas…… linknya kok gk bisa di buka mas waktu di download… 😦
zin copy skripsix n kl ada mohon kirim kan skripsi pgsd untuk UT saya lg butuh yang berhubungan matemataika dan ipa. saya lagi butuh
thgank you so much mas….
SIYA MINTA TLNG KRM KN CONTOH SKRIPSI TENTANG PENGARUH ESKUL TERHADAP PRESTASI SISWA.UNTUK KLS 4 SD
thankss before….
uda bantu ngerjain tugas UASku….
good job ….
ijin download maz……..n makasih banget dh mau brbagi……….
makasih kak
law blh dmn dapat buku tntg kantong plastik trasparan k?
ijin download yaa. bwt tugas metlit 😀
mmantap broo..mkasihh
Aslm…pak tolong kirimkan skripsi ..
tentang CTL,ATAU kooperatif dalam pembelajaran ipa sd…
mksih pak
wslm..
Mantap mas, I Like this… makasih
ass,,,
kalo buat kls 1 SD, materi penjumlahan cocoknya pake metode apa ya? buat bikin skripsi
thanks
sy ga bgt mnguasai utk pmbelajaran SD, klw boleh mmberikan masukan barangkali penggunaan media pembelajaran yg ad unsur permainannya,,dg pendekatan pembelajaran kooperatif, sprtnya dpt mningkatkan minat, motivasi dan keaktivan siswa,,,so harapannya hasil blajar siswa akan mneingkat,,,
misalkan dg permainan ular tangga yg tentunya dah d modifikasi sedemikian rupa shg siswa bs bermain smbil belajar,,,
ass,,,,kak law buat kelas V SD pelajaran IPS,,,,,,,,,
boleh g’ tolongin kirimin contoh skripsinya,,,,,,,
buat panduan gitu,,,,,,,,,
bisa kan kak,,,,,,,,,,
makasih kak,,,,,,,,
xie xie..terimakasih banyak
saya butuh skripsi buat besok hari sabtu jurusan pgsd S1 tolong minta di kirim…….nanti bisa damai,
terima kasih mas…
moga tambah sukses selalu. amin
mohon bantuan nya pa.. aku pengen skripsi PGSD.. tp yg ada fuutnoot nya..
aku butuh banget…
saya tunggu ya pa.. saya butuh minggu minggu sekarang.
akhi ada yang tentang mind map g q lagi garap ten tang itu soale, mksih
assalaamu’alaykum wr wb.
kalau berkenan bantu, saya lg nyusun skripsi “pengaruh pembelajaran berbasis multimedia (ruang multimedia) terhadap kreativitas siswa di sekolah dasar”
kak tolong dikirimkan contoh skripsi pgs mapel ipa dunk. terima kasih
semua password link ziddunya salah, kenapa bisa begituuuuu????
passwordnya apa om?
ko di protect?
passwordnya please…
bantu untuk skripsi PAUD dong…
Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TAI (Team Assised Individualization) Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Experimen Pada Smk kelas X)
Mohon Bantuannya Mas.. .
passwordnya apa gan ?? kasih tau dong lagi butuh nih utk bahan pertimbangan
hari gini pake protek!!!!
ass. mas paswor nya berapa
skripsi judul pengaruh permainan sulap terhadap hasila belajar IPA materi zat cair di SD kelas 3,ada g?
password gan
klw ga slah 2443