Minyak Ikan Diperkirakan Sembuhkan Sakit Jantung

akarta (ANTARA) — Asam lemak Omega-3 yang terdapat pada ikan tertentu bukan hanya mencegah sakit jantung dan urat darah, tapi bahkan mungkin membantu mengobatinya, demikian hasil studi baru.

Studi tersebut, yang disiarkan di dalam “Journal of American College of Cardiology” terbitan Agustus, melibatkan empat percobaan dengan hampir 40.000 peserta yang memperlihatkan manfaat dari asam lemak Omega-3 dalam pencegahan awal penyakit jantung dan urat darah, dalam pengobatan setelah serangan jantung dan, yang paling akhir, pada pasien gagal jantung.

Studi itu mengutip bukti epidemiologi yang memperlihatkan bahwa penduduk seperti orang Asia dan Eskimo Alaska, yang makanan mereka kaya akan minyak ikan, mengalami sedikit peristiwa penyakit jantung dan urat darah.

“Banyak orang mengetahui bahwa asam lemak Omega-3 sangat baik, dan bahan itu berada di dalam makanan yang sehat atau bergizi,” kata penulis studi tersebut, Carl L. Lavie, Direktur Medis Pencegahan dan Rehabilitasi Jantung di Ochsner Clinic di New Orleans.

“Mereka tak menyadari ada begitu banyak data, sangat banyak data dari berbagai studi besar, bahwa semua itu bukan hanya bersifat mencegah tapi juga membantu dalam pengobatan sejumlah keadaan, seperti denyut tak beraturan dan cepat pada serat otot jantung dalam percobaan serangan jantung, atherosclerosis –penyakit karena terjadinya penimbunan plak di dalam pembuluh darah, dan gagal jantung.”

“American Heart Association” telah mensahkan asupan asam lemak Omega-3, dari ikan atau pelengkap, dan menyarankan konsumsi jumlah tertentu asam lemak Omega-3 per hari buat orang pada umumnya, sementara asupan yang lebih besar disarankan buat orang yang memiliki sakit jantung.

Namun perhimpunan tersebut menyatakan asupan Omega-3 mesti dikonsumsi hanya setelah berkonsultasi dokter, karena terlalu banyak mengkonsumsi Omega-3 dapat mengakibat pendarahan besar pada sebagian orang.

“Buat masyarakat pada umumnya, konsumsi Omega-3 mestinya tak lebih dari 500 miligram per hari,” kata Lavie sebagaimana dikutip kantor berita resmi China, Xinhua. “Jika anda memiliki sakit jantung, asupan itu mesti 800 sampai 1.000 miligram per hari.”

Tak banyak upaya diperlukan bagi sebagian besar orang untuk mencapai asupan yang disarankan, kata Lavie. “Lima ratus miligram per hari adalah dua porsi ikan berlemak setiap pekan,” katanya.
Recommend

sumber : http://forum.detikhealth.com/minyak-ikan-diperkirakan-sembuhkan-sakit-jantung-t114043.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s