Kisah Tragis Tubuh Gadis Kecil Menjadi Sarang Ulat, Penyakit Ummi Darmianti Dapat Menular

Makasar, CyberNews. Sungguh berat derita yang ditanggung Ummi Darmianti, seorang bocah perempuan berusia 12 tahun. Akibat penyakit yang dideritanya, tubuh gadis kecil ini menjadi sarang ulat.

Ulat-ulat itu muncul dari bisul yang tak kunjung sembuh karena tidak diobati. Kurang lebih selama dua tahun ulat itu ada di tubuh Ummi, menjalar di badan dan lehernya. Bahkan dokter mengkhawatirkan, ulat itu bersarang hingga ke otak.

Ketua tim Dokter RS Wahidin Sudirohusodo Makassar, dokter Khalid Saleh mengatakan, dari pemeriksaan sementara, Ummi diduga menderita penyakit TBC kelenjar. Menurutnya, penyakit Ummi dapat menular seperti penyakit TBC pada umumnya.

Munculnya ulat, lanjut Khalid, disebabkan oleh kondisi TBC yang sudah pada tahap infeksi sekunder. Hal itu dipicu oleh terlambatnya penanganan terhadap penyakit Ummi yang mengaku diderita sejak dua tahun lalu.

Pengunjung yang ingin melihat penyakit Ummi pun dihimbau mengenakan masker.

Ummi dan keluarganya tinggal di Desa Tarinding, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, atau sekitar 100 kilometer dari Kota Mamuju, ibu kota Provinsi Sulawesi Barat. Sebelumnya, dia pernah  dibawa ke Puskesmas, dukun, dan pengobatan tradisional. Namun kondisinya justru semakin memburuk. Akhirnya pada Minggu (17/1) , atas saran Kepala Desa setempat, Ummi dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Mamuju.

Meski telah menjalani operasi ringan, hanya sedikit ulat yang bisa diangkat dari tubuh Ummi. Penyakit Ummi belum dapat ditangani optimal sebab memerlukan ahli bedah yang tidak dimiliki RSUD setempat. Selanjutnya, pada Selasa (19/1)Umi justru dibawa pulang, dengan alasan keluarganya tidak memiliki biaya untuk membayar biaya rumah sakit.

Beruntung, penyakit Ummi sampai terdengar ke Istana. Presiden SBY pun langsung meminta Menteri Kesehatan dan Kepala Dinas Mamuju segera mengambil tindakan terkait kasus ini.

( vvn / CN16 ). suara merdeka

One response to “Kisah Tragis Tubuh Gadis Kecil Menjadi Sarang Ulat, Penyakit Ummi Darmianti Dapat Menular

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s