Bagaimana Menangani Gondongan pada Anak?

image

1. Gondongan atau dalam bahasa medis Mumps, parotitis epidemika adalah penyakit yang disebabkan karena infeksi kelenjar air liur di mulut, terutama kelenjar parotis yang terletak pada tiap-tiap sisi muka tepat dibawah dan didepan telinga oleh virus (paramyxovirus).
Biasanya penularan virus Mumps ini melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

2. Gondongan termasuk penyakit Self Limiting Diseases, yaitu penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa diobati penyebabnya. Antibiotik tidak dapat membunuh virus penyebab gondongan. Pengobatan hanya ditujukan untuk gejalanya saja. Misalnya untuk demam dan nyeri bisa digunakan analgetik dan antipiretik seperti parasetamol atau ibuprofen. Virus biasanya akan disingkirkan oleh tubuh setelah beberapa hari. Oleh karena itu factor daya tahan tubuh sangat berperan, untuk itu perlu juga diberikan obat-obat immunomodulator agar daya tahan tubuh meningkat.
Yang bisa ibu lakukan dirumah adalah mengompres pipi yang bengkak dengan air dingin, sedangkan untuk mengurangi demam adalah dengan mengompres dengan air hangat pada ketiak dan selangkangan anak. Asupan makanan yang bergizi harus ibu perhatikan dan suruhlah si kecil untuk banyak istirahat, dengan demikian akan mempercepat penyembuhannya.
Untuk menjadikan perhatian : aspirin tidak boleh diberikan kepada anak-anak karena memiliki resiko terjadinya sindroma Reye.

3. Ibu Sriningsih tidak perlu khawatir, kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun dan jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun.
Hampir semua anak yang menderita gondongan akan sembuh total tanpa penyulit, tetapi kadang gejalanya kembali memburuk setelah sekitar 2 minggu. Bila tidak ditangani dengan baik, dapat terjadi infeksi yang menyerang organ selain kelenjar air liur, seperti buah zakar dan prostat pada lelaki, serta indung telur dan payudara pada perempuan. Namun hal ini terjadi setelah masa pubertas.

4. Gondong dan gondok jelas sangat berbeda, baik gejala, penyebab, letak hingga pengobatannya. Gondok adalah penyakit yang disebabkan oleh pembesaran kelenjar tiroid, yang bisa disebabkan oleh infeksi maupun hipertiroid. Yang membengkak adalah kelenjar tiroid yang letaknya di leher. Bukan di pipi ataupun dibawah telinga. Dan Gondok bisa diketahui ketika menelan ludah, karena kelenjar tiroid akan bergerak keatas.

Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Suara Merdeka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s