USATODAY (20/1/2010), Manajer Youtube Sara Pollack : Menonton film di Youtube dikenai biaya 5 USD

YouTube minggu ini mulai mencoba mengetes untuk melihat apakah orang-orang mau membayar untuk menonton film pada situs Toutube.

Youtube, Web yang paling populer di situs berbagi video Jumat akan menawarkan lima film dari tahun 2009 dan 2010 Sundance Film Festival dengan biaya sekitar $ 5 untuk bias menonton film tersebut di situs Youtube. Ini adalah cara, YouTube mengatakan, untuk membawa lebih banyak eksposur terhadap film-film independen. Tapi itu juga merupakan sebuah tes untuk melihat apakah penonton mau membayar untuk konten, kata manajer YouTube.

Manajer produk YouTube Sara Pollack mengatakan program ini adalah respons terhadap masalah-masalah yang dihadapi para pembuat film independen. Terlalu banyak film diproduksi, sementara sedikit tempat untuk pameran mereka. Misalnya, ia mengatakan dari 9.000 film yang diputar di Sundance tahun lalu, hanya 53 menemukan beberapa bentuk distribusi.

“Penonton online semakin besar dan besar, tetapi model yang didukung iklan tidak selalu sesuai dengan kebutuhan film,” katanya

Untuk menonton video tersebut akan dikenai biaya dalam kisaran $ 5 – tetapi Pollack mengatakan harga yang tepat akan ditetapkan oleh pembuat film. YouTube akan membagi pendapatan, tetapi akan memberikan porsi untuk si pembuat film, katanya.

Festival Sundance terbuka Jumat di Park City, Utah, di mana eksekutif YouTube akan mengunjungi dan membuat kerjasama dengan para pembuat film.

Lima Sundance film:

* The Cove by Louie Psihoyo petualangan bawah air tentang menangkap lumba-lumba di Jepang.
* Bass Ackwards oleh Linas Phillips, sebuah perjalanan improvisasi.
* One Too Many Mornings by Michael Mohan – para pembuat film menggambarkannya sebagai “coming of age komedi tentang dua orang yang terlalu tua untuk menjadi coming of age.”
* Homewrecker oleh Todd dan Brad Barnes – sebuah komedi tentang seorang tukang kunci.
* Children of Invention oleh Tze Chun – mulai tahun 2009, sekitar dua anak yatim di dekat Boston.

Oleh Jefferson Graham

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s