Times (17/01/2010): Ilmuwan menemukan bahasa hewan

Seorang ilmuwan yang berbasis di Skotlandia mengklaim telah menemukan bukti pertama dari bahasa yang umum dipakai oleh spesies binatang yang berbeda.

Panggilan, yang dipahami oleh monyet dan burung, ditemukan oleh Klaus Zuberbuhler, seorang psikolog di St Andrews University.

Menurut Zuberbuhler, binatang dan burung dapat mengkomunikasikan ide-ide yang kompleks tidak hanya untuk rekan-rekan mereka, tetapi di seluruh spesies.

Temuan ini telah digembar-gemborkan sebagai sebuah terobosan signifikan dalam pencarian untuk menemukan asal-usul bahasa manusia dan bukti bahwa kemampuan untuk membangun suatu bentuk komunikasi yang kompleks tidak unik manusia.

Zuberbuhler membuat penemuan setelah menghabiskan bulan mengamati panggilan Diana monyet di hutan Tai di Pantai Gading, di Afrika barat.

Dia dan rekan-rekannya mencatat ribuan monyet panggilan dan menghabiskan ratusan jam mendengarkan suara binatang. Mereka melihat bahwa monyet disesuaikan panggilan mereka untuk mengubah makna untuk memperingatkan satu sama lain mengenai ancaman atau peluang berbeda. Sebagai contoh, melihat macan tutul mendorong sebuah “krack” alarm panggilan. Namun, ketika mereka hanya mengulangi panggilan yang dibuat oleh monyet-monyet lain mereka menambahkan sebuah “oo”.

Para peneliti menemukan bahwa panggilan dapat dipahami oleh spesies lain dari kera dan juga oleh beberapa burung.

“Apa penemuan kami menunjukkan bahwa [alarm panggilan] jauh lebih kompleks [daripada yang kita pikir],” kata Zuberbuhler. “Mereka menyampaikan informasi yang kontekstual, sadar diri dan cerdas.

“Kami kemudian mencoba bermain panggilan tersebut kembali ke monyet-monyet lain dan mereka merespon dengan cara yang menunjukkan mereka tahu makna. Selain itu, panggilan yang sama akan diakui oleh spesies lain seperti monyet Campbell. Jadi mereka berkomunikasi di seluruh spesies.

“Dan sejak itu kami telah menemukan bahwa burung rangkong dapat memahami panggilan tersebut dan mereka juga bisa memahami semua makna yang berbeda.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s