Hingga Hari ini Korban Haiti Diperkirakan Mencapai 200.000 orang

Hingga 200.000 orang dikhawatirkan tewas sebagai akibat gempa bumi berkekuatan 7,0 yang telah menghancurkan sebagian besar ibukota Haiti Port-au-Prince, para pejabat di negara Karibia katakan.

Truk-truk telah berusaha untuk mengumpulkan mayat-mayat yang telah terlihat di jalan-jalan di Port-au-Prince untuk dimakamkan di kuburan massal di luar kota.

“Kami sudah mengumpulkan sekitar 50.000 mayat,” Paul Antoine Bien-Aime, interior Haiti menteri, mengatakan kepada kantor berita Reuters.
“Kami mengantisipasi akan ada antara 100,00 dan 200.000 mati total, walaupun kita tidak akan pernah tahu persis nomor.”

Jika angka korban yang akurat, gempa hari Selasa akan menjadi salah satu dari 10 mematikan pada catatan.

Sekitar 40.000 mayat telah dikuburkan, sementara mayat korban 2.000 lainnya telah dibakar pada salah satu Port-au-Prince’s sampah dumps.

Ribuan lebih banyak orang yang diyakini berada di bawah reruntuhan bangunan yang digulingkan dalam gempa.

Alex Larsen, negara menteri kesehatan, mengatakan bahwa kehancuran itu sedemikian rupa sehingga tiga-perempat dari Port-au-Prince harus dibangun kembali.
Annabi mati

Hillary Clinton, para menteri luar negeri Amerika Serikat, tiba di Haiti hari Sabtu untuk bertemu René Préval, presiden negara, dan pejabat lokal lainnya.

Preval adalah bekerja di luar kantor polisi di dekat bandara setelah istana kepresidenan dihancurkan, bersama dengan beberapa departemen pemerintah.

“Pemerintah telah kehilangan kapasitas untuk berfungsi dengan baik, tapi tidak roboh,” katanya.

Ban Ki-moon, Sekjen PBB, Sabtu mengkonfirmasi kematian Hedi Annabi, utusan khusus PBB untuk Haiti, dan Brasil deputi di gempa, yang bahwa misi PBB meratakan markas besar utama di Port-au-Prince.

“Saya sangat sedih untuk mengkonfirmasi kematian tragis dari wakil khusus untuk Haiti, Hedi Annabi,” kata Ban dalam sebuah pernyataan.

“Wakilnya Luiz Carlos da Costa dan Komisaris Polisi bertindak, Doug Coates dari Royal Canadian Mounted Police, juga dikonfirmasi untuk binasa.”

sumber : aljazeera

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s