123 Anggota Parlemen setujui UU Pernikahan Sejenis

banyak negara di dunia yang mengizinkan pernikahan sejenis. Kini giliran Portugal yang segera mengesahkan pernikahan sejenis atau homoseksual.

Pada Jumat 8 Desember kemarin sebuah undang-undang mengatur pernikahan sejenis disetujui oleh parlemen dengan pemungutan suara. Sebanyak 123 anggota parlemen memberikan suara dukungannya atas peraturan ini, sementara 99 lainnya menolak.

Keputusan parlemen ini disambut baik oleh kalangan homoseksual yang juga menghadiri proses pemungutan suara tersebut. Mereka merayakan dengan memotong kue pernikahan dan meminum sampanye di luar gedung parlemen. Demikian diberitakan BBC, Minggu (10/1/2010).

Namun keputusan tersebut masih belum final karena harus dikaji ulang oleh anggota komite perundang-undangan Portugal, sebelum akhirnya dilakukan pemungutan suara ulang di Parlemen. Jika undang-undang tersebut berhasil diratifikasi oleh Presiden, pernikahan pertama pasangan homoseksual di Portugal akan berlangsung pada April mendatang.

Perdana Menteri Portugal Jose Socrates menyatkan tujuan undang-undang ini adalah untuk mengurangi ketidakadilan yang dialami kaum gay. Sejak 1982 lalu, homoseksualitas dianggap sebagai tindak kriminal di Portugal.

Meskipun besar kemungkinan Presiden menyetujui pernikahan sejenis dan diloloskan oleh Parlemen, proposal yang memperbolehkan pasangan gay mengadopsi anak, ditolak oleh Parlemen.

Lolosnya RUU pernikahan sejenis, menjadikan Portugal sebagai negara keenam di Eropa yang menyutujui pernikahan sejenis. Sebelumnya UU serupa juga telah disetujui di Belanda, Belgia, Spanyol, Swedia, Norwegia, Kanada dan Afrika Selatan. Sementara enam negara bagian di Amerika Serikat juga telah menyetujui peraturan serupa. (faj) (rhs) . okezone.com



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s