Kuburan Para Pembangun Piramida Mesir Ditemukan

Menteri Kebudayaan Mesir Farouk Husni mengumumkan bahwa tim Dewan Tinggi Negara untuk Situs Kepurbakalaan yang dipimpin oleh Dr. Zahi Hawwas telah menemukan sebuah penemuan sangat penting, yaitu komplek kuburan para pembangun piramida Mesir yang melegenda, yang dibangun di bilangan Giza pada masa dinasti keempat masa Mesir Kuno (2609–2584 SM).

Sebagaimana dilansir harian Mesir al-Yaum as-Sabi (10/1), Husni mengatakan jika penemuan ini adalah yang pertamakalinya dan akan menjadi penemuan penting bagi sejarah Mesir dan juga sejarah peradaban kemanusiaan dan dunia secara umum.

Hal senada juga dikatakan oleh Hawwas. Arkeolog dan professor purbakala itu menegaskan, penemuan komplek kuburan para pembangun Piramida oleh tim yang dikepalainya akan menjadi penemuan terpenting di abad 21 ini.

Prosesi penelitian dan penggalian situs peradaban Mesir kuno di masa dinasti keempat dan kelima (2584–2374 SM) sendiri telah dimulai sejak awal tahun 1990 silam. Selama dua puluh tahun masa proyek besar yang didukung oleh UNESCO itu, tim telah banyak mendapatkan penemuan-penemuan penting.

“Penemuan komplek pemakaman para pembangun Piramida ini akan memberikan banyak data baru, sekaligus menepis mitos yang berkembang selama ini jika Piramida dibangun oleh sihir,” kata Hawwas.

Lokasi komples pemakanan itu sendiri terletak di dekat komplek Piramida yang terletak di provinsi Giza sekarang ini.

“Dari hasil penemuan, diketahui jika para pembangun Piramida itu bukanlah para budak, menimbang tata, letak, dan bentuk kuburannya,” tambah Hawwas. (ags/ys)

sumber: eramuslim.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s