KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB MATERI POKOK KELILING DAN LUAS LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP

ABSTRAK

Lusia Riyati Maningrum. 2007. Keefektifan Penerapan Pendekatan PAKEM dengan Media CD Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Sub Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Kata Kunci: pembelajaran matematika, PAKEM, media cd interaktif, kelas VIII SMP

Dalam suatu proses belajar mengajar peran guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam membantu siswanya untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Pembelajaran yang diberikanpun tidak membosankan Alternatif yang digunakan oleh guru adalah melalui pendekatan PAKEM dengan media CD interaktif dalam pembelajaran matematika, siswa dapat menggunakan secara aktif serta dapat mengembangkan kreativitasnya untuk mencapai hasil belajar yang baik. Namun apakah pendekatan PAKEM dengan media CD interaktif lebih efektif daripada pembelajaran matematika konvensional sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII semester 2 SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri? Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh keterampilan proses pada pendekatan PAKEM dengan media CD Interaktif terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada pendekatan PAKEM dan CD interaktif dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri tahun 2006/2007 yang berjumlah 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan ketramopilan proses dan hasil belajar pemahaman konsep. Data diperoleh dari hasil tes dan dianalisis dengan menggunakan uji t pihak kanan.

Dari hasil pengujian regresi menunjukkan persamaan regresi =41.789 + 0.468X dan r2 = 27,7%. Hasil perhitungan normalitas dan homogenitas menunjukkan data hasil belajar berdistribusi normal dan variansnya homogen. Hasil perhitungan dengan uji t menunjukkan t hitung adalah 2,628 > t tabel = 1,67. Dengan demikian Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan pendekatan PAKEM dengan media CD interaktif lebih efektif daripada pembelajaran konvensional sub pokok bahasan keliling dan luas lingkaran siswa kelas VIII semester 2 SMP Pangudi Luhur Giriwoyo Wonogiri.

Disarankan kepada guru untuk memilih materi yang cocok apabila ingin menerapkan pendekatan PAKEM dengan media CD interaktif, serta memperhatikan kondisi awal siswa sebelum memberi pelajaran.

DOWNLOAD FULL SKRIPSI.pdf

2 responses to “KEEFEKTIFAN PENERAPAN PENDEKATAN PAKEM DENGAN MEDIA CD PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SUB MATERI POKOK KELILING DAN LUAS LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s