USAHA PEMBUATAN MIE RASA BUAH APEL “FRUITY MIE” SEBAGAI INOVASI RASA KOMBINASI MIE DENGAN BUAH

Fungsi kewirausahaan adalah mengorgani­sasi dan menggabungkan berbagai jenis faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat. Dengan mengacu pada pengertian tersebut, maka seseorang yang hendak memulai suatu usaha atau bisnis haruslah mempunyai jiwa kewiraswastaan sehingga mampu mengorganisasi dan menggabungkan berbagai jenis faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan oleh masyarakat.

Memulai atau membuka usaha baru, adalah sebuah keputusan yang penting. Sebagai titik awal aktivitas bisnis akan dimulai, maka ketika hendak melangkah, yang bersangkutan hendaknya memberdayakan secara optimal kecerdasan yang dimiliki, baik kecerdasan intelegensi, kecerdasan emosi, maupun spiritualnya. Disadari, bahwa manusia baik secara per­seorangan maupun secara bersama-sama memerlukan berbagai macam barang dan jasa untuk memenuhi segala kebutuhannya. Barang-barang dan jasa ini (barang ekonomi) harus dibuat dengan pengorbanan tertentu yang dapat dinilai dengan uang.

Selama ini mie menjadi makanan favorit dan sangat diminati masyarakat. Namun untuk produksi mie belum ada inovasi rasa dan masih biasa-biasa saja. Contohnya mie ayam, mie pangsit, mie jowo, mie goremg dan masih banyak mie lainya. Yang tentu masih menggunakan bahan baku tepung dan telur seperti biasa. Oleh karena itu kami ingin memunculkan suatu karya yang inovatif dan kreatif untuk bisa meningkatkan kualitas dan nilai gizi produk mie.  Dengan terobosan makanan terbaru kami yaitu mie rasa buah apel “fruity mie” diharapkan mampu menjadi trend makanan baru saat ini di Indonesia. Fruity mie merupakan kombinasi antara mie dengan sari buah apel yang merupakan inovasi terbaru dari aneka rasa mie. Sehinga dengan munculnya mie rasa buah “Fruity mie” akan mencukupi permintaan akan rasa mie yang cocok dengan selera orang indonesia dan kandungan nilai gizi yang cukup bagi mereka suka vegetarian, karena didalam buah-buahan seperti apel terdapat nilai gizi yang dibutuhakan tubuh kita. Fruity mie merupakan konsep rasa mie instan yang belum ada sebelumnya terutama di kota semarang.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka kami termotivasi dan berinisiatif untuk meningkatkan kualitas mie dengan memunculkan ”fruity mie”  yang merupakan kombinasi rasa mie dengan buah.

Produk ini berupa kombinasi mie dengan sari buah apel yang diberi nama Fruity mie. Fruity mie ini disajikan sebagai makanan dengan porsi dan penyajian menarik yang sesuai dengan selera masyarakat pada umumnya, serta memiliki kualitas rasa yang baik namun harga tetap terjangkau oleh semua kalangan masyarakat. Nama dari produk ini yaitu “fruity mie” atau mie rasa buah apel, dengan membuat mie menggunakan campuran baha dasar sari buah apel.

Adapun karakteristk dari Fruity Mie  ini adalah sebagai berikut:

  1. Bentuk mie seperti mie biasa, cuman warna agak berbeda, yaitu agak kemerah-merahan.
  2. Rasa asli buah apel, karena air yang digunakan untuk campuran tepung menggunakan sari buah apel.
  3. Disajikan dengan 1 mangkuk kuah dan 1 mangkuk mie yang ditaburi  dengan brambang goreng dan jamur kuping.
  4. Rasa khas yang berbeda dengan mie yang lain.
  5. Harga relatif terjangkau.
  6. Tanpa bahan pengawet

Aspek keunggulan dari fruity mie ini terletak pada diversifikasi produk dari hasil kolaborasi antara mie dengan sari buah apel. Fruity mie berbeda dengan produk mie yang lain dalam hal rasa dan aroma. Rasa Fruity Mie lezat dengan kesegaran aroma buah apel akan mem­berikan kepuasan yang berbeda bagi para hoby makan mie. Disamping itu ide kreatif inovasi produk ini terletak pada cara pengolahan yang berbeda dengan pengolahan mie biasa pada umumnya.

Karena dalam produk fruity mie ini bermanfaat :

  1. Menurunkan kadar kolestrol. Apel dikenal mengandung fitokimia, zat antioksidan yang efektif melawan kolestrol jahat, selain menurunkan kolesterol jahat, apel juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan pektin dan asam D – glucaric dalam apel berjasa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  2. Mencegah kanker dan menyehatkan paru – paru. Zat flavonid dalam apel terbukti dapat menurunkan resiko kanker paru – paru sampai 50 %. Penelitian dari Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43 %.
  3. Mencegah penyakit jantung dan stroke. Apel terbukti mencegah serangan stroke. Publikasi penelitian di Finlandia (1996) menunjukkan, orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah.
  4. Menurunkan berat badan. Sebagai sumber serat yang baik, apel baik untuk pencernaan dan membantu menurunkan berat badan. Apel merupakan camilan yang sangat baik untuk orang yang sedang menurunkan berat badan karena kadar seratnya tinggi, sehingga mencegah rasa lapar datang lebih cepat.
  5. Menjaga kesehatan gigi. Apel juga mengandung tanin, zat yang bermanfaat mencegah kerusakan gigi periodontal. Penyakit gusi ini disebabkan saling menempelnya bakteri pembentuk plak.
  6. Membuat perempuan tetap cantik Kandungan boron dalam apel terbukti membantu wanita mempertahankan kadar hormon estrogen saat menopause. Mempertahankan estrogen berarti mengurangi gangguan yang disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon dikala menopause, misalnya semburan panas, nyeri, depresi, penyakit jantung, osteoporosis.
  7. Melindungi tubuh dari virus flu. Menurutnya, sari apel sangat baik untuk melawan serangan infeksi virus karena stamina dan kekebalan tubuh meningkat berkat konsumsi sari apel itu.

Bahan Baku, Bahan Penolong dan Peralatan yang Digunakan

Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan “fruity mie” yaitu tepung terigu dan sari buah apel. Untuk membuat fruity mie menjadi masakan yang lezat maka diperlukan bahan penolong berupa bumbu-bumbu mie, jamur kuping sebagai pelengkap dan sawi.

Jenis peralatan yang digunakan untuk proses pembuatan fruity mie cukup sederhana dan mudah didapatkan, yaitu berupa: pisao, baskom, kompor, wajan dan peralatan goreng, ember, oven, loyang dan panci kukus.

Proses Produksi atau Operasi

Tata cara pembuatan fruity mie meliputi tahap-tahap sebagai berikut :

Semua bahan seperti tepung terigu disiapkan, apel dibersihkan dicuci kemudian di blender diambil airnya/ sarinya setelah itu di campur campur dengan bumbu-bumbu mie dan aduk tepung terigu bersama bumbu tadi hingga menjadi adonan mie, kemudian setelah menjadi adonan digiling supaya menjadi mie, adonan digiling dipenggilingan. Setelah tercetak mie kemudian jamur dimasak menggunakan bumbu kecap, garam, serai, kunyit, lengkuas, gula jawa, penyedap rasa, bawang putih sampai rasanya manis. Mie siap disajikan setelah mie sari buah apel direbus dan dibumbui dengan menggunakan bawang putih, garam, penyedap rasa, mrica kemudian diatasnya dikasih taburan jamur, brambang goreng dan bisa menggunakan sawi. Mie siap disajikan.

penulis: Arifatuz Zakiah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s