Pemanfaatan Roti Busuk Sebagai Alternatif Pakan Ikan Bergizi Tinggi dalam Meningkatkan Hasil Budidaya Perikanan

Akhir-akhir ini banyak harga bahan makanan yang meningkat pesat. Ini pula dirasakan oleh petani ikan, karena banyak bahan pakan ikan yang melonjak naik sehingga biaya yang dikeluarkan olaeh petani semakin besar bahkan banyak pula petani ikan yang rugi besar karena hal tersebut. Hal ini diperparah lagi dengan menurunnya harga jual ikan yang sangat drastis.

Banyak masyarakat didaerah pesisir pantai yang dahulu mengandalkan pendapatan keluarganya dari bertani tersebut, sekarang terpaksa harus beralih pada pekerjaan yang lain. Langkah ini memang cukup efektif untuk keberlangsungan kehidupan  mereka. Namun, di balik itu, ada dampak negatif yang harus kita terima.diantara lain adalah pendapatan mereka yang sangat minim karena mereka yang tidak mempunyai keahlian tertentu.

Untuk mengantisipasi keadaan tersebut, saat ini telah ditemukan bahan pakan alternatif yaitu pelet yang terbuat dari roti busuk. Pelet roti busuk merupakan bahan baku yang dapat dibuat menjadi pakan ikan ternak yang murah. Bahan baku ini merupakan bahan baku yang diharapkan dapat menjadi pengganti bahan pakan  yang paling murah dan dimungkinkan untuk dikembangkan secara masal dalam waktu yang industri singkat mengingat teknologi dan peralatan yang digunakan industri sederhana. Namun, industri pelet roti busuk memilki beberapa kelemahan yaitu perwatan alat yang harus dilakukan secara rutin.

Setelah ditinjau dari berbagai sumber diketahui bahwa roti mempunyai banyak nilai gizi terutama protein yang terkandung didalamnya. Dan protein itulah yang sangat dibutuhkan oleh ikan agar lebih sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh ikan terhadap penyakit. Roti tersebut dapat dimanfaatkan  menjadi lebih baik sehinnga dapat mengurangi limbah yang da disekitar kita serta dapat meningkatkan pendapatan petani, sehingga kesejahteraan petani meninggkat, ini juga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat disekitarnya. Dengan roti tersebut juga dapat mengurangi kerugian yang dialami oleh perusahaan pembuat roti karena roti yang rusak dapat dimanfaatkan kembali menjadi pelet roti yang bergizi tinggi.

Dengan pembuatan pelet  tersebut dapat membuat lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang akan memprioduksi pelet tersebut sehingga dapat mengurangi jumlah penganguran yang ada didaerah yang berdekatan dengan pabrik yang akan membuat pelet roi yang bergizi tinggi.

Ikan pula banyak manfaatnya terhadap manusia misalnya protein yang ada dalam ikan sangat berguna bagi pertumbuhan anak menjadi lebih baik dan dapat meningkatkan daya kerja otak menjafi maksimal. Bagi orang dewasa protein ikan bermanfaat bagi daya tahan tubuh terhadap penyakit serta dapat menstabilkan metabolisme tubuh

Selain itu banyak pula keuntungan yang didapat bagi masyarakat sekitarnya. Misalnya harga ikan menjadi lebih murah sehingga gizi masyarakat dapat terpenuhi. Diketahui bahwa gizi didalam ikan dapat meningkatkan daya kerja otak menjadi cerdas sehingga nantinya dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan dari sumber daya manusia yang unggul itu dapat meningkatkan perekonomian Negara yang kian terpuruk.

Langkah Pembuatan Pelet

  1. Roti busuk disortir terlebih dahulu menurut kadar kebusukannya.
  2. Roti busuk dihaluskan dengan menggunakan alat penghancur.
  3. Roti busuk yang telah halus diberi sedikit air dan di campur dengan bahan penunjang lainnya
  4. Campuran roti busuk dicetak menjadi pelet dengan menggunakan mesin pencetak pelet.
  5. Hasil cetakan tersebut lalu dikeringkan selama kurang lebih selama 2 jam.
  6. Setelah hasil cetakan tersebut menjadi kering, kemudian diolesi dengan minyak ikan.

silahkan mencoba

penulis: Muhammad Noor Faiz

8 responses to “Pemanfaatan Roti Busuk Sebagai Alternatif Pakan Ikan Bergizi Tinggi dalam Meningkatkan Hasil Budidaya Perikanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s