SKRIPSI PTK, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA SMP N 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI POKOK PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD

ABSTRAK

Subaktiningsih, Tri. 2007 : Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 1 Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2006/2007 pada Materi Pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Melalui Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD. Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.

Pada proses belajar mengajar, sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Di SMP N 1 Mejobo Kudus, masih banyak siswa kelas VII yang mengalami kesulitan dalam matematika terutama pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata yang dicapai kelas VII pada pokok bahasan tersebut pada tahun pelajaran 2004/2005 dan 2005/2006  berturut-turut 5,5 dan 5,85. Atas pertimbangan di atas, maka diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD yang mana dapat memberikan suasana yang lain dalam kelas sehingga hasil belajar dapat ditingkatkan.

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP N 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, implementasi. Observasi, refleksi, dan tujuan penelitian tindakan ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa diambil dari data hasil tes Siklus 1 dan Siklus 2. Sedangkan data pada proses pembelajaran guru dan keaktifan siswa diambil dari lembar observasi pengamatan pembelajaran. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika 85% dari jumlah siswa mendapat nilai minimal 60 dan keaktifan pembelajaran siswa dalam kelas baik dengan skor rata-rata 2,5 < skor aktif < 3,25.

Hasil penelitian pada siklus 1 dan siklus 2 diperoleh jumlah siswa yang mendapat nilai minimal 60 pada aspek pemahaman konsep 87,5% pada siklus 1 dan 92% pada siklus 2, aspek penalaran konsep 82,5% pada siklus 1 dan 87% pada siklus 2, aspek pemecahan masalah 80% pada siklus 1 dan 87% pada siklus 2. Sedangkan hasil observasi keaktifan siswa dengan rata-rata skor pada siklus 12,29 dan pada siklus 2 diperoleh 2,98. Hasil pengamatan kooperatif untuk guru pada siklus 1 skor rata-rata 2,5 dan 3,0 pada siklus 2.

Simpulan dalam penelitian ini bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP N 1 Mejobo Kudus tahun pelajaran 2006/2007 pada materi pokok Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran Cooperative Learning tipe STAD perlu dilaksanakan oleh guru SMP N 1 Mejobo Kudus untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

DOWNLOAD FULL SKRIPSI.pdf

3 responses to “SKRIPSI PTK, MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA SMP N 1 MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2006/2007 PADA MATERI POKOK PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s