Makanan dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Manusia

Dalam suatu khutbah jum’at di sebuah masjid di Jakarta, seorang khatib pernah menyampaikan khutbahnya dengan memaparkan fakta-fakta yang menimpa negeri kita. Menurutnya, negeri ini berantakan dan kacau balau dengan berbagai kerusuhan, kejahatan, pengrusakan, huru hara etnis, agama dan ras, kericuhan politik, saling fitnah dan lain-lain disebabkan oleh perilaku mungkar para pemimpinnya. Mereka membangun ketamakan kekuasaan melalui jalan menghalalkan segala cara dan mengembangkan “terorisme” mental dengan budaya KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme). Ironisnya perilaku ini diikuti oleh sebagian besar pejabat negara dan masyarakat umum lainnya.

Kemudian khatib tersebut mengambil benang merah yang membuat sebagian jama’ah yang ngantuk menjadi terbangun. Dia menyimpulkan bahwa ada korelasi yang sangat kuat antara fenomena tersebut dengan budaya makan dan minum masyarakat kita setiap hari. Makanan yang dimakan dan minuman yang diminumnya disinyalir tidak sepenuhnya terbebas dari barang haram, baik secara zat maupun luar zatnya (cara memperolehnya). Minuman keras, lemak/daging anjing/babi, riba, korupsi, penggelapan, pemalakan, pemalsuan, “penyunatan” dan sebagainya telah merasuki dan menjadi budaya yang sangat memprihatinkan di kalangan para pejabat, politisi, hakim, jaksa, pengacara, pengusaha, bahkan sudah merambah pada masyarakat umum lainnya.

Kalau benang merah itu benar, kita bisa menyimpulkan bahwa perilaku orang yang suka membuat keonaran, kerusuhan, keributan politik dan sebagainya diantaranya disebabkan oleh dampak negatif dari makanan dan minuman yang setiap harinya dikonsumsi. Bagi mereka, makanan dan minuman hanya diletakkan dalam tataran kepentingan yang tidak mempunyai kaitan sama sekali dengan dimensi spiritualisme. Apapun yang masuk ke perut mereka dianggap tidak berdampak apa-apa terhadap keseimbangan kehidupan dunia dan akhirat.
Wallahu a’lam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s