KEIKHLASAN JALAN KEBAHAGIAAN

Saudaraku, Kita harus senantiasa menyadari, bahwa kita hidup di dunia hanyalah sekejap. Maka maknailah hidup ini dengan Mengumpulkan kebaikan dari detik ke detik, dari hari ke hari, sebagai bekal untuk mencapai kebahagiaan yang hakiki. Tidak ada artinya hidup kita, bila kita kerahkan untuk semata kenikmatan dunia. Kerena dunia ini hanya sementara. Kita pasti akan meninggalkannya cepat atau lambat. Pun tidak ada gunanya bila kita bekerja keras hanya untuk memenuhi keinginan hawa nafsu. Karena hawa nafsu hanya panggilan sesaat, setelah itu ia akan hilang, meniggalkan dosa-dosa dan menodai harga diri kita. Tuhan dalam rangka ini mengajarkan kepada kita ketulusan.

Ketulusan dalam arti bahwa kita bekerja apa pun hanya dengan niat untuk meraih kasih sayang-Nya semata. Karena hanya dari ketulusan inilah kebahagiaan abadi akan kita raih. Segala bentuk perbuatan baik kita, yang besar sekalipun nilainya di mata manusia, tidak ada artinya di mata Tuhan bila tidak dibarengi dengan ketulusan. Namun sekecil apapun perbuatan kita, di mata manusia, bila dibarengi dengan niatan tulus, ia sangat besar nilainya di mata Tuhan, dan akan menjadi mercusuar bagi kebahagiaan kita di dunia dan di hari kemudian.

Bagaimana pentingnya ketulusan sebagai ruh dari sekecil apa pun perbuatan kita, dan tulus merupakan kunci menuju kebahagaiaan kita. Berapa banyak perbuatan yang menelan keringat dan darah, tapi kemudian sia-sia karena tidak dibarengi ketulusan yang jujur. Karenanya, mari kita selalu hati-hati dalam mengarahkan niat yang bergelora dalam hati kita. Jangan takut bila perbuatan kita tidak diketahui orang atau tidak dipuji orang. Karena pujian orang banyak tidak ada artinya bila Allah menolaknya. Tapi takutlah bila perbutan kita ditolak oleh Tuhan karena tidak adanya ketulusan di dalamya.

WALLAHU A’LAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s